Siapa sangka, drum merk SMDC adalah hasil karya anak muda dari Gunungkidul, kabupaten di Propinsi Yogyakarta. Alat musik drum yang diproduksi Agung Ginanjar warga Padukuhan Madusari, Wonosari, mulai diminati band-band papan atas di Indonesia. Band papan atas yang mulai menggunakan dan melirik drum karyanya antara lain Seperti Endank Soekamti, Superman Is Dead dan Sheila On 7.

Agung Ginanjar mengisahkan, awal mula ia memproduksi alat musik jenis drum tersebut karena ia sejak kecil suka melihat orang bermain drum. Setelah beranjak dewasa ia mulai gemar memainkan alat musik drum.

“Dahulu untuk berlatih drum harus di studio musik, sehingga tidak maksimal. Mau punya sendiri supaya latihan bermain drum bisa maksimal, harganya selangit,” kenang pemuda yang akrab disapa Betet ini ketika ditemui Gunungkidulpost.com, Selasa (3/9/2014).

Pada tahun 2012 silam, kata Betet, ia mulai mempelajari proses produksi drum. Belajar otodidak, sedikit-sedikit ia mendapatkan ilmu dari internet, buku dan teman sesama pecinta musik drum. Sudah memiliki cukup ilmu, ia nekad membuat drum dengan alat seadanya dan modal yang terbatas.

“Ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Produksi pertama bisa dikatakan gatot alias gagal total. Karena cetakan kurang bagus sehingga gagal dan belum bisa langsung digunakan,” katanya.

Kegagalan, kata Betet, tidak membuatnya putus asa. Justru kegagalan ia jadikan motivasi supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Ia terus mencoba memproduksi drum, meski masih sering mengalami kegagagalan ia tetap tekun dan gigih memproduksi drum.

“Akhirnya setelah berkali-kali gagal, saya bisa memproduksi drum dengan kualitas yang baik. Mulai itu teman-teman band lokal mulai menggunakan drum SMDC (brand drum milik Betet),” ungkapnya.

Betet mengungkapkan, seiring berjalannya waktu drum milik Betet mulai dikenal di kalangan pemusik lokal dan luar daerah. Bahkan band-band papan atas di Indonesia seperti Endank Soekamti, Superman Is Dead dan Sheila On 7 sudah sudah mulai melirik drum karyanya.

“Harga drum SMDC dari 7 juta rupiah sampai tak terbatas, tergantung pemesanan. Untuk penjualan sudah sampai seluruh Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan dan Jakarta. Semoga karya saya juga mampu ekspor ke luar negeri dan mengangkat nama Gunungkidul,” pungkasnya kemudian melanjutkan membuat drum.

(Nena Krisna)

Gunungkidulpost.com
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS 10 hours ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau ini Simpan "Buku Sejarah" Iklim Terlengkap di Nusantara
Danau Towuti di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, menyimpan "buku sejarah" iklim terlengkap di Indonesia. "Buku sejarah" itu berupa lapisan-lapisan sedimen yang berada di dasarnya.
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Inilah 9 Danau Terbesar Di Indonesia
Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air, baik air tawar maupun asin, yang keseluruhan cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Karenanya untuk menentukan ukuran (besarnya) danau perlu memperhatikan paling tidak dua aspek yaitu luas permukaan dan volume air. Jumlah danau di Indonesia mencapai ribuan. Menurut data Kementerian Lingkungan
Inilah Masjid Tertua di Kalimantan Barat yang Indah
Inilah Masjid Tertua di Kalimantan Barat yang Indah
Masjid ini dahulu pernah direnovasi oleh Sultan Muhammad Sjafiuddin II. Lokasi masjid sebelumnya merupakan kediaman Sultan Umar Akamuddin I (1708-1732M) yang kemudian berubah fungsi menjadi sebuah mushola. Inilah Masjid Jami Kesultanan Sambas yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Barat. Pemberian nama masjid ini dilakukan oleh Sultan Muhammad Sjafiuddin II. Masjid ini
Sajian Istimewa dari Tanah Rempah
Sajian Istimewa dari Tanah Rempah
Sejak dahulu tanah Maluku terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Masyarakat Maluku bahkan pandai untuk memodifikasi atau meracik berbagai ragam kuliner mulai dari makanan hingga minuman dengan bahan dasar rempah. Ragam kuliner tersebut menghasilkan sajian istimewa nan khas yang mampu menggugah selera setiap orang yang mencicipinya.