Natanael Charis, 45 tahun, pemilik kafe Morning Glory Coffee, menjadi wakil satu-satunya dari Asia yang mengikuti ajang Coffee Masters Battle di London Coffee Festival akhir bulan ini di London, Inggris. “Ini pertama kali di dunia,” kata Natanael di Bandung, Selasa, 7 April 2015.

Mayoritas Barista yang akan berlaga berasal dari negara-negara di Eropa. Selebihnya dari Australia dan Natanael, asal Indonesia, satu-satunya peserta dari Asia.

Biasanya perlombaan antar barista menguji kepiawaian menyeduh. Tapi ajang ini menjadi unik karena mengetes pengetahuan seputar kopi sejak dari kebun hingga sampai tersaji di cangkir.

Menurut Natan, sapaaanya, dia mendapat undangan mengikuti ajang itu setelah sukses membawa Kopi Garut memenangkan juara pertama uji cita rasa kopi terbaik di ajang Dublin Coffee and Tea festival 2014. Kopi Garut merupakan kopi jenis Java Coffe Preanger yang dikembangkanya bersama petani kopi di Cikelet, Garut, sejak 2006.

Natan mengatakan, pesaing terberatnya justru Barista asal Eropa yang sudah terbiasa mencicipi beragam jenis kopi dunia. “Saya terbiasa dengan kopi Jawa Barat, sementara di sana terbiasa merasakan kopi dari mana saja,” kata Natan.

Gara-gara ajang itu, Natan sengaja membeli kopi produksi berbagai negara yang sudah dikenal dunia untuk membiasakan menyecapi rasanya.

Menurut Natan, ajang Coffe Master yang baru pertama kali digelar ini memakan waktu hingga 1,5 jam. “Biasanya kalau lomba Barista itu 15 menit selesai, ini 1,5 jam. Haduh diajar deui,” kata Natan.

disadur dari TEMPO
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Membangun Konektivitas, Membangun Masa Depan Indonesia Proyek-Proyek Infrastuktur Utama 2015-2019
Membangun Konektivitas, Membangun Masa Depan Indonesia Proyek-Proyek Infrastuktur Utama 2015-2019
INFOGRAFIS one hour ago
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Desain Alat Hemodialisis Portable, Dua Mahasiswa UMY Raih Juara Se-ASEAN
Muhammadiyah Yogyakarta Wearable Artificial Kidney yang kemudian disingkat MY-WAK merupakan desain alat hemodialisis (alat cuci darah) yang bentuknya seperti tas pinggang yang bisa dipakai dan dibawa kemana-mana.
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Di Indonesia, ada juga Segitiga Bermuda
Saya memang sering ke Maluku Utara, mulai dari Ternate hingga Tobelo dan Morotai, sudah saya singgahi. Namun ada yang belum sempat saya kunjungi, dan dari dulu sangat ingin pergi ke sana. Namanya kepulauan Sula. Kepulauan ini adalah wilayah paling selatan propinsi Maluku Utara, sebuah propinsi yang dulu sering
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Menapaki Kisah Sang Legenda Jazz. #RIPIrengMaulana
Dunia musik Indonesia kembali berduka. Kini, salah satu musisi terbaiknya, legenda jazz Indonesia, berpulang ke Yang Maha Kuasa. Ireng Maulana, dipanggil di usia senjanya, 71 tahun. Meski telah tiada, musisi pemilik nama lengkap Eugene Lodewijk Willem Maulana ini telah menorehkan pencapaian yang luar biasa di bidang musik jazz. Karyanya pun tentu
Startup-startup terbaik Indonesia
Startup-startup terbaik Indonesia
INFOGRAFIS one day ago
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Dolo-dolo Bagi para Pemburu Gerhana Matahari Total di Tidore
Tak hanya menyiapkan berbagai fasilitas dan acara untuk wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara telah menyiapkan sebuah tradisi budaya. Mereka akan menyuguhkan tradisi dolo-dolo kepada para wisatawan mancanegara saat Gerhana Matahari Total (GMT) berlangsung.Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau