Karnaval Asia Afrika yang berlangsung hari sabtu, 25 April 2015 disambut antusias oleh warga Bandung maupun wisatawan. Pantauan KompasTravel, dengan tanda bunyi terompet, Karnaval Asia Afrika mulai berjalan menuju titik akhir di Alun-Alun Bandung. Di sepanjang jalan Asia Afrika, para warga Bandung setia menanti rombongan karnaval.

Sebelumnya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil secara resmi membuka Karnaval Asia Afrika di atas bus pariwisata Kota Bandung di Simpang Lima Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/4/2014). Ridwan memberikan kata sambutan bersama Menteri Pariwisata, Arief Yahya di atas bus.

"Sampurasun. Apa kabar warga Bandung? Warga Bandung yang taat. Mari kita menikmati karnaval," kata Ridwan Kamil sambil membunyikan terompet.

Sambil menunggu pawai, warga Bandung menyambut dengan menyapa rombongan bus wisata yang diikuti dengan rombongan karnaval. Warga memanfaatkan momen untuk menikmati gelaran karnaval sambil mengeluarkan alat dokumentasi.

"Pertama kalinya acara satu minggu. Unik, penuh warna, kreatif, penuh perjuangan. Baru lihat parade kostum. Tahunya ada di jember," kata salah satu pengunjung, Rizal Aga Saputra kepada KompasTravel di Bandung, Sabtu (25/4/2015).

Pertama kali melihat karnaval, Rizal mengharapkan karnaval berlanjut tahun depan walaupun tidak bertepatan dengan momen Konferensi Asia Afrika. Ia mengatakan karnaval dapat berlangsung tertib.

Karnaval Asia Afrika diikuti oleh lebih dari 70 negara dan 1000-an peserta. Karnaval menampilkan kesenian dari dalam maupun luar negeri seperti India, Tiongkok, Mesir, Yogyakarta, Solo, dan daerah lain.

Setelah berhasil mendatangkan ribuan pengunjung, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mendeklarasikan Karnaval Asia Afrika akan kembali hadir pada tahun 2016. Hal tersebut ia sampaikan ketika memberikan ucapan terima kasih dan penutupan acara Karnaval Asia Afrika.

"Saya mendeklarasikan Asia Afrika Carnival merupakan event internasional tahunan di Bandung. Bandung keren, hanya Kota Bandung yang bisa melaksanakannya," kata Arief Yahya.

Saat jumpa pers Arief mengatakan bahwa Karnaval Asia Afrika harus diberikan tempat menjadi event tahunan. Ia berpendapat hanya Kota Bandung yang dapat melakukan acara karnaval dengan tema Asia Afrika.

"Bandung sudah ditetapkan sebagai ibu kota Asia Afrika. Jalan Asia Afrika adalah jalan yang paling bersejarah di Asia Afrika. Yang punya hanya Bandung," katanya.

Dengan demikian, Arief pun mengharapkan acara Karnaval Asia Afrika dapat menarik wisatawan dari Asia maupun Afrika. Ia berpendapat penyelenggaraan karnaval pertama kali ini diikuti 20 negara dan 60 daerah di Indonesia. Nantinya, Arief akan mengundang kembali peserta karnaval dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

Sebelumnya Arief menuturkan bahwa acara karnaval ini memiliki nilai promosi di media yang tinggi. Dengan demikian, akan banyak sponsor yang tertarik untuk bekerja sama menyelenggarakan karnaval. Ia juga mengaku akan memberikan dukungan untuk promosi.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil pun turut senang dengan penyelenggaraan Karnaval Asia Afrika ini. "Untuk perhelatan pertama saya kira luar biasa. Sangat terharu sampai sulit diceritakan dengan kata-kata," katanya.

Ia memimpikan bahwa Karnaval Asia Afrika nantinya dapat setara dengan Festival Rio de Janeiro di Brazil. Ke depannya, Emil akan melakukan evaluasi mengenai acara karnaval tersebut.

disadur dari KOMPAS
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Seniman Kelahiran Surabaya Ukir Prestasi di Australia
Seniman Kelahiran Surabaya Ukir Prestasi di Australia
Hidup di negeri orang membuat seniman kelahiran Surabaya ini kian tertantang untuk berkreasi mengembangkan potensi yang dimiliki. Diaspora Indonesia satu ini mengukir prestasi di
Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia
Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia
 Beberapa kota di Indonesia memang menarik dan unik, baik dari budaya yang dimiliki maupun aktifitas pemerintahan yang tak jarang menjadi percontohan bagi banyak kota
Akhirnya! Indonesia Terbitkan Visa Pelajar Asing
Akhirnya! Indonesia Terbitkan Visa Pelajar Asing
Minat pelajar asing untuk ke Indonesia diperkirakan akan meningkat pesat. Hal ini berkat kebijakan pemerintah terbaru yang akhirnya menerbitkan student visa (visa pelajar). Langkah
Balon Wi-Fi Pertama di Indonesia, Siap Jangkau Hingga Pelosok Negeri
Balon Wi-Fi Pertama di Indonesia, Siap Jangkau Hingga Pelosok Negeri
Karya anak bangsa kembali lahir, Helion namanya, yang merupakan jawaban atas beberapa permasalahan yang dihadapi di Indonesia.Menurut data dari Bank Dunia, baru sekitar 29%
Seperti Apa Rupa Jurang di Bawah Laut Banda?
Seperti Apa Rupa Jurang di Bawah Laut Banda?
Perairan Indonesia memiliki dua palung yang sangat dalam. Palung Laut Banda dan Palung Jawa di Samudera Hindia. Palung Jawa dalamnya 2500 meter sampai 5000
Inilah 7 Tempat Diving Terbaik di Indonesia
Inilah 7 Tempat Diving Terbaik di Indonesia
 Indonesia adalah rumah bagi beberapa tempat menyelam terbaik di dunia. Dengan perairan yang berkilau, suhu yang hangat, kehidupan laut yang bervariasi, para penyelam dari penjuru