Tak bisa dipungkiri lagi arus persaingan acara televisi sekarang ini semakin hari semakin deras saja, tak hanya acara-acara dalam negeri saja yang bersiang meraih penonton, tetapi acara produksi luar negeri juga semakin hari semakin membanjiri saluran televisi lokal Indonesia. Persaingan antara produk lokal dan produk luar negeri ini terjadi hampir di semua acara, tak terkecuali untuk acara anak-anak.

Sama-sama kita ketahui, serial animasi anak-anak seperti Upin & Ipin, Marsha and The Bear, Spongebob Squarepants, Shaun The Sheep dan Little Krishna adalah serial animasi atau lebih familiar disebut film kartun anak-anak populer di Indonesia akhir-akhir ini. Dan pasti Muvilaz juga sudah mengetahui jika semua serial animasi tersebut bukanlah produk asli Indonesia, trus kemana produk asli Indonesia? Kemana karya anak bangsa yang sebenarnya tak kalah spektakuler dari judul-judul tersebut?

Jika diteliti lebih dalam sebenarnya banyak serial animasi produksi anak bangsa yang tak kalah fenomenal jika dibandingkan judul-judul di atas. Hanya saja booming serial-serial ini dirasa kurang. Oleh karena itu sebagai wujud bakti Muvila terhadap industri hiburan tanah air maka dalam artikel ini Muvila akan menyajikan beberapa serial animasi asli produksi Indonesia yang layak ditonton dan juga mendidik.

Keluarga Somat

Serial animasi Keluarga Somat merupakan hasil karya asli Indonesia. Serial ini diproduksi oleh PT. Animasi Katun Indonesia atau juga dikenal dengan Dreamtoon Animation Studios. Serial Keluarga Somat menceritakan tentang kehidupan keluarga kecil yang terdiri dari ayah ibu dan dua orang anak. Pak Somat adalah pekerja pabrik mempunyai istir bernama Inah, mereka mempunyai dua orang anak bernama Dudung dan Ninung. Dua anak ini diceritakan mempunyai kepribadian yang sangat berbeda. Dudung sebagai seorang laki-laki cenderung bandel dan nakal, Ninung sebagai seorang anak perempuan lebih pendiam dan penurut. Ceriota yang diangkat dalam serial Keluarga Somat selalu menggambarkan realitas kehidupan masyarakat di Indonesia, oleh karena itu kisah ini sangat menarik diikuti oleh semua umur lapisan masyarakat.

Serial Keluarga Somat mulai ditayangkan di stasiun TV Indosiar sejak tahun 2013 lalu. Pertama-tama serial ini hanya ditayangkan setiap Sabtu pagi bersama dua serial animasi lainnya yang berjudul Nina Sahabatku dan Pendekar Lalat Samufly. Untuk sekarang ini serial Keluarga Somat bisa dilihat setiap hari pukul 07.30 hingga 08.30 dengan hari Jumat hingga Minggu akan muncul episode baru.

Adit & Sopo Jarwo

Yang tak kalah kocak dengan Keluarga Somat, dan juga membawa pesan-pesan moral ala Indonesia yaitu Adit & Sopo Jarwo. Cerita petualangan anak laki-laki bernama Adit ini sering diramaikan dengan ulah licik jahil namun lucu dari Jarwo dan anak buahnya yang sedikit dungu bernama Sopo. Meskipun Sopo dan Jarwo digambarkan sebagai karakter antagonis, eksekusi cerita serial ini sangat halus dan kocak, sehingga tak terasa seperti ada karakter antagonis. Adit & Sopo Jarwo diproduksi oleh MD Animation dan ditayangkan oleh saluran MNC TV, tayang setiap hari Senin – Jum'at pukul 16.00 WIB. Serial animasi Adit & Sopo Jarwo terpilih menjadi duta Hari Film Nasional, untuk satu tahun kedepan sosok Adit & Sopo Jarwoakan muncul di intro film-film nasional di Bioskop.

Dalam setiap serialnya, kadang ada edisi khusus yang menampilkan bintang tamu, salah satu artis yang pernah menjadi bintang tamu di serial Adit & Sopo Jarwoadalah girlband Cherry Belle, mereka tampil dalam versi animasi bersama Adit, Sopo dan Jarwo dan teman-teman Adit. Dalam rangka peringatan Hari Film Nasional 30 maret lalu, Adit & Sopo Jarwo menampilkan bintang tamu istimewa yaitu presidenJokowi dalam versi animasi.

Bilu Mela

Untuk animasi yang satu ini tak melibatkan karakter manusia, tetapi ikan. Melihat seklias karakter ikan berwarna biru Muvilaz akan teringat dengan film animasiFinding Nemo, tetapi tenang saja, Bilu Mela tak seperti Finding Nemo. Bilu Melamerupakan animasi yang menceritakan kehidupan dua karakter ikan hias yang tinggal di akuarium mereka masing-masing. Bilu adalah ikan yang berwarna biru, dengan karakter ekstorvert, hebih dan sedikit ceroboh. Mela karakter ikan berwarna merah mempunyai karakter yang bisa dikatakan kebalikan dari karakter Bilu.

Bilu Mela merupakan hasil karya dari seorang animator lulusan Institut Kesenian Jakarta bernama Fajar Nuswantoro. Bilu Mela pertama kali tayang di layar kaca pada Februari 2014 di MNC TV. Selain tayang di Indonesia, Bilu Mela juga direncanakan akan segera tayang di luar negeri karena jaringan Encripta Brazil danAl Jazeera TV dikabarkan sudah membeli lisensi animasi Bilu Mela. Selain itu Bilu Mela juga pernah diputar di Perancis dalam ajang MIPCOP di Cannes.

Bilu Mela diproduksi tanpa menggunakan dialog, sehingga diharapkan animasi ini bisa masuk ke berbagai pasar internasional. Diketahui sang kreator Fajar Nuswantoro juga sudah bekerja sama dengan distributor dari Irlandia, Monster Entertainment, dengan pertimbangan judulnya diubah menjadi Flip Flap.

Bilu Mela atau Flip Flap ini bisa disaksikan di MNC TV setiap Jum'at pukul 16.00

Entong

Satu lagi serial animasi produksi dari MD Animation sebelum Adit & Sopo Jarwo.Entong merupakan animasi yang bercerita tentang anak laki-laki bernama Entong yang cerdik dan baik hati. Entong mengangkat kisah berlatar belakang Jakarta, tetapi juga diramaikan dengan budaya-budaya daerah yang muncul di beberapa karakternya.

Kisah yang dibawakan dalam serial animasi Entong selalu membawa pesan moral tetapi tetap tak meninggalkan sisi hiburan di dalamnya.

Dari Muvila.com

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook ...
READ NEXT
BACK TO TOP
Raih Juara Ganda Campuran All England 2016: "Terima Kasih Kepada Suporter.."
Raih Juara Ganda Campuran All England 2016: "Terima Kasih Kepada Suporter.."
Sorak – sorak makin terdengar keras di Barclaycard Arena, Birmingham,Inggris ketika Denmark tak bisa mengembalikan bola yang diberikan oleh wakil Indonesia. Pasangan Ganda Campuran Indonesia,
 "Wonderful Indonesia" Raih Penghargaan di Bursa Pariwisata Terbesar Dunia
"Wonderful Indonesia" Raih Penghargaan di Bursa Pariwisata Terbesar Dunia
Wonderful Indonesia menyabet juara sebagai The Best Exhibitor dalam kategori Booth Asia Australia Oceania di ajang bursa pariwisata terbesar di dunia yaitu International Tourismus Boerse
Seniman Kelahiran Surabaya Ukir Prestasi di Australia
Seniman Kelahiran Surabaya Ukir Prestasi di Australia
Hidup di negeri orang membuat seniman kelahiran Surabaya ini kian tertantang untuk berkreasi mengembangkan potensi yang dimiliki. Diaspora Indonesia satu ini mengukir prestasi di
Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia
Kota-kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia
 Beberapa kota di Indonesia memang menarik dan unik, baik dari budaya yang dimiliki maupun aktifitas pemerintahan yang tak jarang menjadi percontohan bagi banyak kota
Akhirnya! Indonesia Terbitkan Visa Pelajar Asing
Akhirnya! Indonesia Terbitkan Visa Pelajar Asing
Minat pelajar asing untuk ke Indonesia diperkirakan akan meningkat pesat. Hal ini berkat kebijakan pemerintah terbaru yang akhirnya menerbitkan student visa (visa pelajar). Langkah
Balon Wi-Fi Pertama di Indonesia, Siap Jangkau Hingga Pelosok Negeri
Balon Wi-Fi Pertama di Indonesia, Siap Jangkau Hingga Pelosok Negeri
Karya anak bangsa kembali lahir, Helion namanya, yang merupakan jawaban atas beberapa permasalahan yang dihadapi di Indonesia.Menurut data dari Bank Dunia, baru sekitar 29%