Usainya Tour de Ijen Banyuwangi 2015 tidak serta merta menandai usainya alasan untuk berkunjung ke Banyuwangi. Banyuwangi selama ini jarang menjadi tujuan wisatawan karena kabupaten di Jawa Timur ini biasanya hanya menjadi salah satu tempat yang dilewati para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali melewati jalur darat dan kemudian menyeberang di pelabuhan Ketapang. Ternyata, kota pelabuhan yang ada di pesisir ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Wisata Banyuwangi ibarat permata yang tergeletak di pinggir jalan; hanya dilewati tanpa disadari nilainya.

Kontur wilayah Banyuwangi sangat unik mulai dari dataran rendah hingga tinggi. Kontur ini secara tidak langsung menciptakan banyak objek tempat wisata alam yang memukau. Pantai di kawasan ini masih sangat bersih dan jauh dari polusi sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata pantai untuk keluarga yang hemat namun tetap menonjolkan keindahannya. Selain pantai, Banyuwangi juga memiliki latar belakang gunung bagi anda yang merindukan suasana tenang dan sejuk. Berikut ini adalah daftar tempat wisata paling menarik yang ada di Banyuwangi beserta foto/gambar nya, beberapa diantaranya ini menjadi tempat wisata favorit yang sayang untuk tidak dikunjungi:

1. Cagar Alam Baluran

cagar_alam_baluran_jpgthumb4

Cagar alam Baluran sering juga disebut sebagai Taman Nasional Baluran yang terletak di 35 km sebelah utara Banyuwangi. Tempat ini memang dikhususkan sebagai wilayah konservasi berbagai tumbuhan dan hewan. Keunikan tempat ini adalah adanya padang rumput atau sabana yang didalamnya bisa dijumpai berbagai hewan liar. Pelancong bisa menikmati keindahan cagar alam ini melalui menara pengawas. Anda bisa melihat keseluruhan wolayah konservasi in beserta aktivitas binatang yang hidup disana.

2. Pantai Bama

pantai_bama_jpgthumb1

Pantai Bama masih termasuk dalam Cagar Alam Baluran. Kondisinya masih sangat asri dan tidak kalah eksotis dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Disini anda juga bisa melihat hutan bakau. Untuk bersantai bersama keluarga anda bisa menikmati beberapa spot terbuka. Air lautnya masih jernih dan tidak terlalu dalam sehingga anak-anak masih bisa bermain dengan pengawasan orang tua. Terumbu karang dengan warnanya yang beragam bisa anda lihat dengan mata telanjang. Anda juga bisa menyelam ke dasar pantai untukmelihat dari dekat keberadaan terumbu karang yang berjejer. Akses perjalanan ke pantai ini relative terjal sehingga anda diharapkan memakai alas kaki yang nyaman. Selama menempuh perjalanan, ada pemandangan hutan tropis dan burung liar yang bisa anda saksikan.

3. Pantai Watu Dodol

pantai_watu_dodol_jpgthumb4

Watu Dodol, pantai ini dinamai demikian karena kita bisa menjumpai banyak batu yang berserakan di sepanjang pantai. Lokasiny ada di bagian utara Banyuwangi yang berbatasan langsung dengan Situbondo. Pantai ini ada tepat di sebelah jalan sehingga bagi para wisatawan yang kebetulan melewati jalur pantura bisa menikmati semilir angin pantai Watu Dodol. Kekhasan pantai ini ditandai dengan adanya patung penari Gandrung dan batu raksasa. Jika pantai selalu memiliki air asin, pantai Watu Dodol memiliki spot unik dimana ada mata air tawar yang alirannya menuju pantai tersebut.

4. Pantai Rajeg Wesi

pantai_rajeg_wesi_jpgthumb4

Rajeg Mesi ada di desa Sarongan, Pesanggaran yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Jika anda berkendara dari kota Banyuwangi, anda harus bersiap untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Anda tidak akan merasa bosan selama di perjalanan karena akan ditemani oleh hamparan perkebunan hijau. Pantai ini dibatasi oleh bukit hijau. Pasir pantai yang putih dan air yang masih jernih membuktikan bahwa pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Udara di pantai ini tidak sepanas wilayah pantai pada umumnya karena letaknya yang berdekatan dengan gunung. Pantai ini dinyatakan aman untuk kegiatan renang karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi.

5. Pantai Sukamade Banyuwangi

pantai_sukamade_banyuwangi_jpgthumb2

Salah satu pantai dengan keindahan tiada tara yang ada di Banyuwangi adalah pantai Sukamade dengan air yang bersih dan kawasan yang masih terjaga kealamiannya. Di sini anda dapat mengamati konservasi penyu yang mulai punah. Untuk bisa mencapai pantai ini, anda harus benar-benar memiliki fisik yang kuat karena medan yang berat. Persiapkanlah alat rekam gambar yang anda miliki untuk mengabadikan sudut-sudut pantai yang eksotis.

6. Teluk Hijau Banyuwangi

teluk_hijau_banyuwangi_jpgthumb2

Teluk yang mempunyai nama panggilan lain teluk ijo atau green bay ini masih masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Jalur yang kita lewati masih sama seperti jika ingin menuju pantai Sukamade namun letaknya lebih dekat. Pantai ini dibatasi oleh perbukitan dan dari atas tebing kita bisa melihat keindahan pantai ini secara utuh. Jika anda amati, anda akan menemukan sebuah pulau kecil dengan batu kuning kecoklatan. Ada juga sebuah air terjun di teluk ini.

7. Pantai Plengkung

pantai_plengkung_jpgthumb1

Pantai Plengkung merupakan persembahan alam bagi anda yang menyukai olahraga selancar air. Kemasyuran ombaknya sudah terkenal hingga ke mancanegara sehingga anda akan menemukan beberapa turis asing yang sedang berselancar.Perjalanan menuju pantai Plengkung akan melewati Alas Purwo dengan tanaman jati yang berderet-deret. Nuansa hijau pepohonan membuat udara terasa sejuk dan pikiran menjadi lebih rileks.

8. Agrowisata Kalibendo

agrowisata_kalibendo_jpgthumb4

Kawasan perkebunan ini ada di Banyuwangi bagian barat, 20 km jika ditempuh dari pusat kota. Lokasinya ada di dataran tinggi dan memiliki tanaan khas seperti kopi, karet, dan cengkeh. Di sini pengunjung juga bisa bermain air di kawasan sungai dan air terjun. Saat anda turun ke sungai, anda juga akan menemukan sebuah lapangan sepak bola.

9. Pemandian Tamansuruh banyuwangi

pemandian_tamansuruh_banyuwangi_jpgthumb3

Pemandian ini ada di desa Taman Suruh dan lumayan dekat dari pusat kota yaitu sekitar 10 km menuju ke barat. Jika anda sudah tiba di kawasan Glagah dan sulit untuk menemukan kawasan ini, anda bisa bertanya kepad warga sekitar yang ramah kepada para pengunjung. Air yang masih belum terkontaminasi dipadukan dengan udara khas pegunungan menjadi kelebihan lokasi wisata ini.

10. Pantai Pulau Merah

pantai_pulau_merah_jpgthumb2

Pulau merah ada di bagian selatan dari Kabupaten Banyuwangi dan anda harus menempuh sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota. Beruntung bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini karena aksesnya yang mudah. Di sini ada pulau kecil yang jika diamati mirip seperti bukit dengan tanahnya yang berwarna merah. Suatu kebanggaan bagi warga Banyuwangi karena pantai ini pernah dijadikan sebagai tempat kompetisi selancar Internasional yang digelar pada tahun 2013.

11. Kawah Ijen banyuwangi

kawah_ijen_banyuwangi_jpgthumb4

Di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, ada sebuah kawah yang dinamai kawah Ijen. Setiap pengunjung harus melakukan pendakian terlebih dahulu untuk bisa sampai ke kawasan ini. Kelelahan fisik ini akan terbayarkan saat anda melihat sekeliling kawah yang sangat cantik. Kawah ijen menjadi salah satu tempat yang digunakan pemerintah setempat untuk mempromosikan Banyuwangi.

12. Wisata Mangrove bedul banyuwangi

wisata_mangrove_bedul_banyuwangi_jpgthumb1

Wisata eksotik lainnya di Banyuwangi adalah Mangrove Bedul, kawasan ini terdaftar dalam kawasan Taman Nasioanl Alas Purwo memberikan panorama keindahan hutan mangrove di bagian hilir dari DAS Stail yang secara alami menjadi rawa air payau yang dikenal dengan kawasan Segara Anakan. Kawasan yang alami, indah, dan hening ini berjarak mempunyai panjang 17 kilometer yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove yang natural.

sumber: HUWIK
Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
Kalahkan Singapura dan Malaysia, Perusahaan Indonesia ini Bernilai Tertinggi di Asia Tenggara
Kalahkan Singapura dan Malaysia, Perusahaan Indonesia ini Bernilai Tertinggi di Asia Tenggara
Kabar membanggakan. Benar-benar membanggakan. Perusahaan telekomunikasi dengan brand value tertinggi di Asia Tenggara, lagi-lagi dipegang oleh perusahaan Indonesia.
Menerjang Deru Alam Berusia 4.5 Milyar Tahun!
Menerjang Deru Alam Berusia 4.5 Milyar Tahun!
Jika ingin mengenal alam Pulau Sulawesi, tak ada cara yang lebih baik selain melihatnya langsung, dengan menembusnya. Tidak ada pulau yang seunik Sulawesi, yang penuh
Kakak Beradik Anak Bangsa Raih Emas di Ajang Robot Internasional
Kakak Beradik Anak Bangsa Raih Emas di Ajang Robot Internasional
Anak-anak bangsa Indonesia kembali mencatatkan prestasi membanggakan.  Syahrozad Nalfa Nadia (9) dan Avicenna Roghid Putra Sidik (6), dua siswa madrasah ini berhasil mencatatkan namanya
Diakui Dunia, Indonesia Dipercaya Latih Polisi Afghanistan
Diakui Dunia, Indonesia Dipercaya Latih Polisi Afghanistan
Upaya Indonesia untuk berperan dalam kedamaian dunia diwujudkan dengan berbagai program perdamaian. Salah satunya adalah dengan menjalankan program kerjasama dengan Afghanistan. Bentuk kerjasama tersebut
Perusahaan Telekomunikasi RI ini Raih Rating AAA
Perusahaan Telekomunikasi RI ini Raih Rating AAA
Performa BUMN Republik Indonesia yang baik turut menjadi indikator peningkatan kualitas pelayanan negara terhadap rakyatnya. Selain negara mendapatkan tambahan pendapatan, pemerintah juga dapat berperan
"Revolusi Online" untuk Pendidikan Indonesia !
"Revolusi Online" untuk Pendidikan Indonesia !
Bahan baku utama kertas berasal dari pohon atau kayu. Pohon-pohon itu baru dapat diolah menjadi kertas setelah berumur 5 sampai 10 tahun. Selain itu untuk