Culture of the mind must be subservient to the heart. -Mahatma Gandhi-

Itulah yang dikatakan Mahatma Gandhi 70 tahun lalu. Kita perlu besyukur bahwa negeri kita dianugerahi ribuan seni, budaya, dan adat istiadat yang begitu beragam, bahkan mungkin paling beragam di dunia. Dan kita perlu juga bersyukur, bahwa sebagian di antara kebudayaan dan kesenian tersebut, telah diakui sebagai warisan dunia. Apa saja?

Yuk kita simak

1. Wayang (Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity, 2003).

wayang

Wayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia pada tahun 2003. Wayang sebagai “Karya Agung Budaya Dunia” yang diakui oleh UNESCO bukan hanya wayang Jawa tapi wayang Indonesia, termasuk wayang Bali, wayang golek Sunda, wayang Lombok, dll. Cerita-cerita yang dimainkan berkisah tentang dewa-dewi, persilatan, percintaan dan kepahlawanan yang pertunjukkannya selalu diiringi dengan musik gamelan. Tahun 1950-1960-an adalah puncak kejayaan wayang yang diakui para peneliti Barat, sebagai seni pertunjukan terindah di dunia.

2. Keris (Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity, 2005).

keris

UNESCO menyatakan Keris sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada tanggal 25 November 2005. Keris merupakan senjata tradisional Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Raja-raja di nusantara menjadikan keris menjadi senjata pusaka. Keris telah digunakan sejak abad ke-9 dibuat dengan logam dan gagangnya dibuat dari tulang, tanduk atau kayu.

3. Batik  (Representatif List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity, 2009)

batik

Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Batik dihasilkan dengan proses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan menggunakan lilin panas dengan menggunakan canting. Batik biasanya digambar pada kain katun dan sutra. Kesenian batik telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya.

4. Angklung (Representative List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity, 2010).

angklung

Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu). Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

5. Tari Saman (Masterpiece of The Oral and Intagible Heritage of Humanity, 2011).

saman

Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tari Saman dari Gayo Lues dan sekitarnya di Provinsi Aceh resmi diakui dan masuk dalam daftar warisan budaya tak benda yang memerlukan perlindungan mendesak UNESCO, pada Sidang akbar tahunan yang dihadiri lebih dari 500 anggota delegasi dari 69 negara, LSM internasional, pakar budaya dan media di Bali pada 22 sampai 29 November 2011 lalu.

6. Noken  (Representatif List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity, 2012).

noken

Noken yaitu tas tradisional masyarakat papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. Sama dengan tas pada umumnya tas ini digunakan untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari. Karena keunikannya yang dibawa dengan kepala,  pada 6 desember 2012 ini, noken khas masyarakat Papua ditetapkan sebagai warisan kebudayaan tak benda UNESCO.

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar dengan Akun GNFI / Facebook
READ NEXT
BACK TO TOP
Kalahkan Singapura dan Malaysia, Perusahaan Indonesia ini Bernilai Tertinggi di Asia Tenggara
Kalahkan Singapura dan Malaysia, Perusahaan Indonesia ini Bernilai Tertinggi di Asia Tenggara
Kabar membanggakan. Benar-benar membanggakan. Perusahaan telekomunikasi dengan brand value tertinggi di Asia Tenggara, lagi-lagi dipegang oleh perusahaan Indonesia.
Menerjang Deru Alam Berusia 4.5 Milyar Tahun!
Menerjang Deru Alam Berusia 4.5 Milyar Tahun!
Jika ingin mengenal alam Pulau Sulawesi, tak ada cara yang lebih baik selain melihatnya langsung, dengan menembusnya. Tidak ada pulau yang seunik Sulawesi, yang penuh
Kakak Beradik Anak Bangsa Raih Emas di Ajang Robot Internasional
Kakak Beradik Anak Bangsa Raih Emas di Ajang Robot Internasional
Anak-anak bangsa Indonesia kembali mencatatkan prestasi membanggakan.  Syahrozad Nalfa Nadia (9) dan Avicenna Roghid Putra Sidik (6), dua siswa madrasah ini berhasil mencatatkan namanya
Diakui Dunia, Indonesia Dipercaya Latih Polisi Afghanistan
Diakui Dunia, Indonesia Dipercaya Latih Polisi Afghanistan
Upaya Indonesia untuk berperan dalam kedamaian dunia diwujudkan dengan berbagai program perdamaian. Salah satunya adalah dengan menjalankan program kerjasama dengan Afghanistan. Bentuk kerjasama tersebut
Perusahaan Telekomunikasi RI ini Raih Rating AAA
Perusahaan Telekomunikasi RI ini Raih Rating AAA
Performa BUMN Republik Indonesia yang baik turut menjadi indikator peningkatan kualitas pelayanan negara terhadap rakyatnya. Selain negara mendapatkan tambahan pendapatan, pemerintah juga dapat berperan
"Revolusi Online" untuk Pendidikan Indonesia !
"Revolusi Online" untuk Pendidikan Indonesia !
Bahan baku utama kertas berasal dari pohon atau kayu. Pohon-pohon itu baru dapat diolah menjadi kertas setelah berumur 5 sampai 10 tahun. Selain itu untuk