Bahasa Jawa ada di teknologi Google translate terbaru, asalkan..

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Setelah mengeluarkan versi terbaru Google Translate dengan menggunakan teknologi Word lens untuk 27 bahasa termasuk Indonesia, Google masih akan terus mengkaji kemungkinan-kemungkinan lain adanya penambahan bahasa untuk teknologi barunya ini, termasuk bahasa daerah di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, jika mengaplikasikan Google Translate melalui browser, kita bisa menemukan bahasa Jawa sebagai pilihan untuk menerjemahkan. Nah, hal itu bukan tidak mungkin bahasa Jawa ataupun bahasa daerah lain yang ada di Indonesia masuk dalam penambahan bahasa di teknologi baru Google translate.

“Itu gak menuntut kemungkinan ke depan mungkin bisa saja bahasa Jawa bisa masuk,” kata Head of Communication Consumer and Youtube, Google Indonesia, Putri Silalahi di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (30/7).

Dijelaskan Putri, kemungkinan terjadinya itu jika para pengguna sering mencari dengan bahasa daerah. Sementara, bahasa Jawa masuk ke Google translate lantaran permintaan dalam pencarian bahasa Jawa cukup banyak diminati sehingga diputuskan menambahkan translate bahasa Jawa. Maklum, Pulau Jawa merupakan salah satu pulau dengan penduduk terbesar.

“Google itu ya memberikan keputusan untuk mengeluarkan produk itu pasti melihat apa yang paling banyak dibutuhkan, itu yang akan diprioritaskan,” imbuh dia.

Lalu, apakah bahasa Jawa juga akan menjadi penambahan selanjutnya? Tunggu saja.

Merdeka.com

 
1 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ