Libatkan Friends of Indonesia, Syukuran HUT RI ke-70 di Bangkok Promosikan Persahabatan

Written by Ghofar Ismail Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Diplomasi Publik merupakan upaya promosi potensi bangsa dengan didukung oleh energi positif. Perwakilan RI di luar negeri mempunyai peran strategis dalam upaya mempromosikan Indonesia. Salah satunya adalah dengan merangkul friends of Indonesia dari negara sahabat.

Pada hari Sabtu, 22 Agustus 2015, KBRI Bangkok telah menyelenggarakan kegiatan Syukuran Pesta Rakyat dalam rangka perayaan HUT RI ke-70 Tahun 2015 bertempat di kompleks KBRI Bangkok. Duta Besar Lutfi Rauf secara langsung membuka rangkaian kegiatan syukuran mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Rangkaian kegiatan berturut-turut diawali Mini Bazaar, Donor Darah, Fun Games berhadiah dari sponsor dan dilanjutkan dengan Panggung Seni Budaya.

Mini Bazaar dengan konsep dari masyarakat Indonesia untuk masyarakat Indonesia menyuguhkan aneka masakan dan produk khas Indonesia, seperti gado-gado, empek-empek, siomay, jajanan pasar, batik, mie dan lain-lain, songket hingga batik. Sedangkan kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan atas kolaborasi KBRI Bangkok dengan Thammasat University Hospital dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada semua pengunjung yang berminat untuk mendonasikan darahnya untuk tujuan sosial kemanusiaan.

Panggung Seni Budaya yang dimulai tepat pukul 13.00 merupakan acara yang paling dinantikan seluruh pengunjung, di mana panitia telah mempersiapkan pagelaran kekayaan seni budaya Indonesia. Pagelaran seni budaya dipersembahkan oleh penampil dari unsur pelajar Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), staf KBRI Bangkok dan guru SIB yang tergabung dalam Grup Gamelan Ayodya Swara, Grup Kesenian Toraja, Permitha (Persatuan Mahasiswa Indonesia Thailand) dan orjen tunggal.

Panggung seni budaya pada HUT RI ke-70 menjadi lebih istimewa dengan penampilan mahasiswa peminat studi Bahasa dan Budaya Indonesia dari Fakultas Studi Asia Tenggara Thammassat University dan Kasersart University. Meskipun sebagian besar mahasiswa Thailand tersebut belum pernah ke Indonesia, namun mereka sanggup membawakan lagu-lagu pop Indonesia dengan cukup baik. Antusisme penonton yang sebagian besar merupakan komunitas masyarakat Indonesia di Thailand sangat tinggi dalam menyambut penampilan apik friends of Indonesia di atas. Peminat studi Indonesia di Thailand terus menunjukkan tren meningkat dari tahun ke tahun sehingga mampu mendorong kenaikan kunjungan masyarakat Thailand ke Indonesia baik sebagai mahasiswa maupun wisatawan.

Di sela acara syukuran, panitia juga memutar rekaman seluruh rangkaian kegiatan lomba HUT RI ke-70 sambil mengumumkan pemenang dari masing-masing nomor lomba. Akhirnya, panggung seni budaya ditutup dengan penentuan pemenang doorprize utama. Pemenang yang beruntung berhak mendapatkan masing-masing hadiah berupa tiket pesawat GARUDA untuk berwisata ke Indonesia dan Iphone 6 dari para sponsor utama. Video klip cuplikan acara syukuran dapat diakses melalui https://www.youtube.com/watch?v=U0mt3_e6BII&feature=youtu.be

Written by Ghofar Ismail Member at GNFI

Pe en es peminat public diplomacy & branding & doyan bidang pembinaan SDM dg olah raga dan seni.