Mengenal Rafflesia yang tumbuh di Pulau Jawa

Written by Bagus Ramadhan Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
0 replies

Umumnya bunga Rafflesia hanya dikenal berasal atau tumbuh di Bengkulu, Sumatera. Namun ternyata di Indonesia terdapat beberapa jenis spesies Rafflesia yang tumbuh diluar Bengkulu. Perlu diketahui bahwa terdapat 17 rafflesia yang ditemukan di seluruh dunia. Menariknya dari 17 jenis rafflesia tersebut 12 jenis rafflesia ditemukan di Indonesia dan tersebar di banyak tempat. Salah satunya adalah Rafflesia jenis Zollingeriana Kds.

Rafflesia Zollingeriana adalah salah satu jenis rafflesia yang endemik di bagian Timur Pulau Jawa, dan dapat dijumpai di kawasan Taman Nasional Meru Betiri(TNMB), Jember. Rafflesia zollingeriana mempunyai ukuran jika bunganya mekar penuh bisa mencapai diameter 35 cm – 45 cm. Rafflesia jenis ini pertama kali ditemukan oleh Koorders (1902) di Puger, Jember. Seperti jenis Rafflesia lainnya, Rafflesia Zollingeriana tumbuh pada akar dan batang inang Tetrastigma lanceolarium dan Tetrastigma papillosum.

Raflesia Zollingeriana

Raflesia Zollingeriana (Foto: merubetiri.com)

Jumlah dari Rafflesia jenis Zollingeriana ini juga ternyata tidak hanya satu. Menurut penelitian pada yang dipublikasikan tahun 1988, populasi jenis Rafflesia ini mencapai 171 individu. Namun perlu dicatat populasi jenis Raflesia apapun yang berada di Indonesia sangat terbatas, sehingga perlu dilakukan penangkaran untuk menjaga kelestarian bunga langka ini.

Rafflesia jenis ini ditemukan tumbuh mulai dari kaki bukit sampai ke lereng-lereng bukit sebelah atas dan mulai dari lokasi datar sampai curam, pada ketinggian 1 – 270 m dpl. Di Taman Nasional Meru Betiri bunga yang endemik dengan warna dominan merah ini banyak ditemui di blok Krecek.

 
0 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ