Fakta-fakta Menarik Pulau-Pulau di Indonesia yang Mungkin Belum Anda Tahu

Written by Akhyari Hananto Member at GNFI
Share this
0 shares
Comments
1 replies

 

Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau yang sudah didaftarkan ke PBB. Sebagai negara kepulauan, ada baiknya kita melihat fakta-fakta tentang pulau-pulau di Indonesia.

Pulau Penjalin di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. (foto: Kompas)

Seluruh propinsi di Indonesia mempunyai pulau

Benar, semua propinsi di Indonesia berbatasan dengan laut, dan mempunyai setidaknya belasan pulau.

Salah satu titik di gugusan pulau Seribu (foto: attravelsjourney.com)

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, tepatnya di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Tahukah anda, ternyata jumlah pulaunya tidak sampai seribu, “hanya” ada 218 pulau.

Pulau Batam di Kepulauan Riau

Pulau Terbanyak

Provinsi yang memiliki pulau terbanyak adalah Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi ini memiliki 2.408 pulau, disusul Provinsi Papua Barat dengan 1.917 pulau, Maluku Utara dengan 1.525 pulau, Maluku dengan 1.399, disusul Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan  1.192 pulau.

Pulau karang di Pantai Drini, Yogyakarta

Pulau Tersedikit

Sebaliknya, Jambi merupakan provinsi yang memiliki pulau paling sedikit. Provinsi ini pulaunya hanya ada 19 pulau, disusul Provinsi DI Yogyakarta dengan 23 pulau, Kalimantan Tengah dengan 32 pulau, Bengkulu dengan 47 pulau, dan Sumatera Selatan dengan 53 pulau.

Pulau Dana di NTT yang berbatasan dengan Australia (Ntt.go.id)

Pulau Kecil Terluar

Provinsi yang memiliki pulau-pulau kecil terluar paling banyak adalah Provinsi Kepulauan Riau. Di provinsi ini ada 20 pulau kecil terluar. Tetapi dari jumlah itu, ternyata hanya Pulau Subi Kecil yang ada penghuninya; 19 pulau lainnya adalah pulau kosong. Provinsi Maluku memiliki 17 pulau kecil terluar. Dari jumlah itu, 11 pulau sudah ada penduduknya dan 6 pulau lainnya merupakan pulau kosong. Sulawesi Utara memiliki 11 pulau kecil terluar. 7 pulau dihuni dan 11 pulau kosong. Provinsi Papua memiliki 9 pulau kecil terluar. 5 pulau berpenghuni dan 4 pulau lainnya masih kosong.

Terumbu karang indah di bawah laut Raja Ampat (foto: padi.com)

Terumbu Karang Terbanyak

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga memiliki banyak lokasi terumbu karang. Jumlah terumbu karang di perairan Indonesia ada 1.133 lokasi. Sebanyak  504 lokasi terdapat di wailayah Indaonesia bagian barat, 308 lokasi di tengah, dan 321 lokasi di timur. Lokasi terumbu karang yang cukup terkenal, antara lain di Pulau Bintan (Riau), Kepulauan Seribu (Jakarta), Karimun Jawa (Jawa Tengah), Pulau Derawan (Kalimantan Timur), Pualu Komodo (Flores), Nusa Penida (Bali), Selat Lembeh (Sulawesi Utara), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Bunaken (Sulawesi Utara), dan lainnya.

(dari berbagai sumber)

 
1 comments
  Livefyre
  • Get Livefyre
  • FAQ
Wassyprama
Wassyprama

Saingan berat Kab.Pacitan dalam pengembangan pariwisata di Prov.Jawa timur