Kebutuhan Indonesia untuk energi semakin meningkat. Pemerintah bahkan bertekad untuk memenuhi target pemenuhan energi listrik sebesar 35 ribu Mega Watt listrik. Pembangunan infrastruktur pembangkit pun terus menerus dibangun untuk mencapai angka tersebut. Namun tentu saja proses riset harus tetap diperhatikan, oleh karena itu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan PT LEN Industri (Persero) baru-baru ini meresmikan Yogyakarta sebagai pusat riset pembankit listrik tenaga surya di Indonesia.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menjadi pusat unggulan (Center of Excellence/CoE) pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia.

"Medco melihat selama ini Yogyakarta dengan potensial alam dan potensial SDM telah menjadi pusat pengembangan pembangkit listrik tenaga surya," kata Hilmi Panigoro, Direktur Utama PT Medco Inti Dinamika (Medco Group), usai pertemuan Bali Clean Energy Forum (BCEF) 2016 di Nusa Dua Bali, sepeti dikutip dari Kompas.com Kamis (11/02/2016).

Dalam acara tersebut, beberapa pihak menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) beberapa pihak terkait pusat riset listrik surya ini. Antara lain Medco Group, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan PT LEN Industri (Persero).

Beberapa poin kerja sama yang disebutkan dalam MoU antara lain pengkajian teknologi tenaga surya (PhotoVoltaic), memberikan usulan rekomendasi untuk mengambil kebijakan serta advokasi, pengembangan bisnis model, inovasi teknologi, studi kelayakan, dan implementasi proyek di wilayah DIY.

Kepala BPPT Unggul Priyanto menyampaikan bahwa Yogyakarta memiliki potensi pengembangan pembangkit listrik tenaga surya. Dia menilai wilayah ini memiliki pola radiasi surya yang cenderung stabil.

"Daerah yang sudah dikembangkan sebagai pusat riset yaitu di Gunung Kidul. Selain itu daerah Prambanan juga dinilai potensial untik dikembangkan," kata dia.

Artinya, Indonesia baru mampu memproduksi modul surya dan mengintegrasikannya menjadi PLTS, sementara sel suryanya masih impor. Padahal sel surya adalah komponen utama dan yang paling mahal dalam sistem PLTS. Harga yang masih tinggi menjadi isu penting dalam perkembangan industri sel surya.

Berbagai teknologi pembuatan sel surya terus diteliti dan dikembangkan dalam rangka upaya penurunan harga produksi sel surya agar mampu bersaing dengan sumber energi lain. Kesulitan ini tentu saja dapat menjadi peluang bagi anak-anak bangsa yang berani berinovasi untuk membangun sebuah sistem sel surya yang lebih mutakhir dan Indonesia tidak lagi perlu untuk mengimpor komponen. 

Beberapa PLTS yang telah ada di Indonesia diantaranya, PLTS terbesar di Indonesia, berada di Kupang dan PLTS terbesar di Jawa, berada di Purwakarta.


Sumber :  Kompas.com
Sumber Gambar :

Advertisement Advertise your own
Ads Telkom Indonesia
0 Komentar
Tambahkan komentar Anda...
READ NEXT
BACK TO TOP
Museum Kata Andrea Hirata: Museum Berani Bermimpi!
Museum Kata Andrea Hirata: Museum Berani Bermimpi!
Museum Kata Andrea Hirata adalah museum sastra pertama di Indonesia yang didirikan oleh penulis novel Laskar Pelangi yaitu Andrea Hirata. Berlokasi di Jalan Laskar Pelangi No.7, Desa Gantong, Pulau Belitung museum ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari
Berkunjung ke Museum yang Menjadi "Bengkel" Garuda Wisnu Kencana
Berkunjung ke Museum yang Menjadi "Bengkel" Garuda Wisnu Kencana
NuArt Sculpture Park adalah museum tempat menyimpan karya – karya seniman asal Bali, I Nyoman Nuarta yang berdiri sejak tanggal 11 November 2000. Pada awalnya museum ini didirikan sebagai tempat penyimpanan hasil karya Nuarta pribadi namun lama
Buddhist Center di Samarinda Terbesar di Asia Tenggara
Buddhist Center di Samarinda Terbesar di Asia Tenggara
Sejak 8 tahun lalu, di Samarinda telah dibangun sebuah gedung megah yang akan menjadi Buddhist Center terbesar di Asia Tenggara. Total luas Buddhist Centre adalah 1,3 hektare.
 Berlari Mengitari Bandara Terbesar di Kawasan Paling Selatan Indonesia
Berlari Mengitari Bandara Terbesar di Kawasan Paling Selatan Indonesia
Mungkin anda bertanya-tanya, bandara apa yang terbesar di wilayah paling selatan Indonesia? Bandara ini dulunya adalah berupa airstrip saja yang mulai beroperasi pada tahun 1928, dan kini menjadi salah satu pintu gerbang untuk penjelajahan Propinsi Nusa Tenggara Timur. Inilah Bandara Internasional El Tari i kota Kupang, ibukota Nusa Tenggara Timur
Setiap Usai Panen, Daerah Ini Menggelar Adu Betis
Setiap Usai Panen, Daerah Ini Menggelar Adu Betis
Meski terkesen anarkis, permainan rakyat yang dinamakan Mallanca ini sangat diminati oleh warga. Tradisi ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu, permainan rakyat ini sudah berlangsung secara turun temurun dan digelar setiap usai panen, hal ini dilakukan untuk memupuk silaturahmi dan ungkapan rasa syukur terhadap hasil panen.
Kerik Gigi dan Simbol Kecantikan di Suku Mentawai
Kerik Gigi dan Simbol Kecantikan di Suku Mentawai
Definisi cantik bisa berbeda-beda. Jika di Afrika Barat wanita dengan gusi hitam dibilang cantik. Gigi runcing menjadi simbol kecantikan di beberapa suku di Indonesia, salah satunya suku Mentawai di Sumatera.